Kamis,26 Maret 2009 bertepatan dengan Hari Raya Nyepi, BEM KBM IT Telkom kembali menyelenggarakan suatu acara yang bertemakan “PEDAS”. PEDAS yang kepanjangan dari Penyuluhan Pemilu Cerdas ini sebagai rasa antusias bem terhadap pemilu yang hanya dilaksanakan 5 tahun sekali. kegiatan yang sangat bermanfaat bagi Mahasiswa dan MAsyarakat sekitar ini, dibentuk berdasarkan kepanitiaan dari tiga elemen berbeda, Departemen Pengabdian Masyarakat, Garda Pemilu, dan Departemen Luar Negeri.

Gedung Serba Guna (GSG) IT Telkom, menjadi gedung bersejarah yang untuk pertama kalinya menyelenggarakan penyuluhan pemilu cerdas ini. Hadir sekitar tujuh puluh orang masyarakat dan puluhan mahasiswa yang mengikuti acara ini. Masyarakat terlihat sangat antusias dengan penyuluhan ini, karena mereka ingin mengetahui cara pencontrengan dan pelipatan kertas suara yang sangat besar ini. “Wah cukup sulit ya dik cara pemilu kali ini, beda jauh sama pemilu-pemilu sebelumnya, dimana kita hanya mencoblos. Untung BEM bisa menyelenggarakan penyuluhan ini, jadinya masyarakat cukup mengerti dengan pencontrengan dan pelipatan kertas suara”, kata salah satu warga kepada Sandy, Menteri Pengabdian Masyarakat.

Mahasiswa IT Telkom yang hadir pun, lumayan banyak. Mereka juga ingin mengikuti acara ini, karena kebanyakan masih ada yang belum mengerti cara pemilu sekarang. Tujuan lain mahasiswa yang hadir adalah mereka ingin mencontreng pemilu di sekitar kampus dengan cara mendaftarkan diri sebagai Dafar Pemilih Tetap(DPT). Kebanyakan dari mahasiswa berasal dari luar Bandung(tidak punya KTP Bandung), sehingga DPT yang miliki tidak bisa mencontreng dikampus. Mahasiswa harus mengisi form A5, sebagai syarat untuk mencontreng pemilu dikampus. Sayang bagi mahasiswa yang telah terdaftar tadi, karena akhirnya mereka tidak bisa menconterng karena terkendala di KPU. sehingga suara ratusan hingga ribuan mahasiswa IT Telkom yang berasal dari luar Bandung menghilang alias tidak bisa mencontreng. Kejadian ini tidak hanya di kampus IT Telkom, Universitas lain di seluruh Indonesia pun terhadang dengan masalah ini.

Sebelumnya, Garda Pemilu cs telah melakukan sosialisasi tentang DPT, partai Pemilu, calon Legislatif di DPR, DPRD, dan DPD. Sosialisasi ini dilaksanakan selama 2 hari, Selasa dan Rabu sebelum acara penyuluhan pemilu cerdas. Pemilu 2009 sendiri dilaksanakan 2 kali yaitu Pemilu Legislatif (9 April 2009) dan Pemilu Presiden (Juni 2009).