Assalamu’alaykum wr.wb.


Dalam tulisan ini ane cuma pengen share tentang cerita kepulangan ane ke rumah, waktu tempuhnya dan kemacetan yg makin terjadi dijalan2 protokol atau tol kota bandung dan jakarta & sekitarnya. yang pasti si ini pengalaman pertama ane naik bus Arimbi ke Terminal Kalideres. (dulu yang biasanya cuma 3-4 jam dari kosan smpe rumah, eh kemaren sampe 6 jam lebih..)

Selasa,28 Juni 2010 (Peraguay vs Jepang dan dini harinya Spanyol vs Portugal) ๐Ÿ˜€

Saat itu ane pulang kembali dari Bandung menuju Jakarta setelah hampir 4 bulan tidak pulan.๐Ÿ™‚. Berangkat dari kosan pukul 12.40 WIB dengan menggunakan sepeda motor “Shogun“, ane melintasi kawasan jl. Radio Palasari-kampus yang cukup tenang dan sepi karena hamir sebagian civitas akademika sudah kembali ke kota asal. di tambah lagi warga masyarakat yang sedang bekerja menambah sepinya kawasan ini.ย  Berangkat dengan agak terburu-buru karena Bandung saat itu sedang mendung, ane mantapkan hati untuk menuju kampus terlebih dahulu. Alhmadulillah, saat itu ada sahabat ane yang berbaik hati untuk mengantarkan ane dari kampus (Dari Laboratorium Jaringan Access tepatnya ke terminal leuwi panjang (Matur Suwun Mas Ulik. :D).

Kampus IT Telkom

Berangkat dengan menggunakan “FIZ-R” merahnya kami menyusuri Jl. Moh Toha-Jl. Soekarno Hatta Bandung. kami cukup was-was karena awan mendung semakin pekat dan akhirnya hujanpun turun secara perlahan. Kamipun segera berteduh sejenak dengan asumsi takut sakit. Karena prediksi kami bahwa hujan akan cukup lama, kami melanjutkan perjalanan dengan berhujan ria. Alhamdulilah, ternyata hujan yang awalnya cukup deras hanya sebentar saja dan hanya hujan ringan yang akhirnya terjadi.

Terminal Leuwipanjang

Sampai di terminal Leuwipanjang cukup buat ane bahagia dan bersyukur Alhamdulilah.. tapi perjalanan belum berakhir. Setelah mengantarkan , sahabat ane kembali ke kampus. ane langsung menuju lobby terminal dan melihat-melihat bus yang akan saya tumpangi. Saat itu terminal leuwi panjang cukup sepi mungkin karena hari biasa dan masih dalam keadaan hujan ringan. Setelah mencari akhirnya ketemu, bus jurusan Bandung-Kalideres(Tangerang) dengan nama bus ARIMBI.

BUS ARIMBI

Setelah naik, jumlah penumpang yang ada masih sedikit. Terpaksa ane hars menunggu sekitar 30 Menit untuk menunggu keberangkatan bus. Sambil menunggu, ane nyalakan musik yang ada di telepon genggam “SAMSUNG“. Cukup asyik mendengarkan ternyata ane ga sadar ada orang yang ingin duduk di sebelah ane.๐Ÿ˜€

Harga Tiket Bis Arimbi : Rp. 40.000,-

Rute Perjalanan: Terminal Leuwipanjang-Terminal Kalideres via Tol Cipularang, tol cikampek, Jatibening, Tol dalam kota jakarta, Karawaci, Tangerang.. (cukup jauh dan murah kan? :D)

—-Lanjut lagi ceritanya ——-

Setelahย  melewati tol cipularang, bis kami memasuki tol cikampek. waw.. sungguh jalanan padat merayap.,macet sepanjang 3-5 km membuat kami bersabar sampai kira-kira pukul 15.30.ย  Perjalanan ane belum selesai gan.. setelah selesai dengan tol cikampek kemacetan terjadi lagi di tol dalam jakarta. sepanjang tol dari cawang menuju cengkareng mengalami kemacetan. mungkin gara-gara hari sore saat warga jakarta pulang dari kantor. maklum saat itu waktu menunjukkan pukul 16.30.

Cukup lama kami mengalami kemacetan, hingga pukul 17.00 BUS ARIMBI yang ane naikin mulai keluar dari tol untuk memasuki KARAWACI, Tangerang dan sekitarnya.ย  Kalo isa diibaratkan ya.. ini bus melewati jalan2 protokol utama kota Tangerang, hebat deh.. (tapi buat ane sama aja muter2..๐Ÿ˜ฆ ). Bayangin aja masuk jakarta barat keluar lagi di jakarta barat yang mau ke jakarta pusat, tapi melalui tangerang.. wuiiihhh…

Memasuki kota Tangerang, perjalanan ane dan bus ane melewati kemacetan kembali.. ane cukup memakluminya si,ย  jalan yang dilewatin bukan jalan tol, kecil dan banyak angkot+motor.. okelah waktu sudah menunjukkan pukul 17.35, udah mau maghrib tapi belum nyampe2 juga..

*oiya inpo dikit: penumpang bus nya udah mulai turun satu persatu tuh disepanjang jalan mulai dari cipularang, jatibening dan tangerang..

BUS kami masih melaju dengan pasti hingga penumpang tersisa 3 orang. belum nyampe ditujuan ataudi terminal Kalideres, kami bertiga diturunin (ane ga tau daerahnya ..๐Ÿ˜ฆ ).. mimpi ape smlm gw yak, smpe diturunin gt??๐Ÿ˜€. untung kernetnya “masih” cukup “baik” kami dicarikan angkot untuk sampai di Terminal Kalideres.

Terminal KALIDERES

Naik angkot tersebut, ternyata hampir penuh gan.. ane udah paling pojok tuh alias deket pintu. Angkotnya ngebut, wuishh.. Dengan menempuh hampir 10 menit dengan jarak hampir 2 km (lumayan cepet dengan keadaan macet) akhirnya nyampe juga di Terminal Kalideres dan saat itu juga waktu sudah menunjukkan pukul 18.00 (Maghrib chuyy…). Untung aja ane dijemput ayah ane, ya dengan menunggu hampir 5 menit.

Udah sampe rumah?? belum … masih ada lagi perjalanan menuju rumah dari terminal. Dengan menggunakan sepeda motorย  “KHARISMA“, kami melalui jalan perumahan DAAN MOGOT. Cukup sepi si, tp setelah keluar perumahan tersebut kembali terjadi kemacetan. Ternyata ada perbaikan jalan menuju Bandara Soekarno Hatta!!๐Ÿ˜ฆ

Jalan Utama Bandara Soekarno-Hatta

Menyusuri perbaikan jalan tersebut, ane sudah tidak bisa ngebayangin lagi gimana rasanya mobil yang melewati jalan tersebut.(maklum ane pake motor jadi bisa nyalip2 gt.. hehehe). Setelah masuk Jalan Utama Bandara Soekarno Hatta, cukup nikmat menikmati pemandangan pesawat2 yg berhalu lalang. Hampir 4 km dari awal hingga akhir jalan utama bandara tersebut.

Keluar jalan utama bandara, kami (ayah ane dan an, red-) akhirnya saya sampai juga dirumah pukul 18.45 dan belum solat. Nyampe rumah langsung ane menunaikan kewajiban bagi seorang muslim yaitu Solat Maghrib dan menghitung

Total Waktu: kurang lebih 6,5 jam!!

Penderitaan belum berakhir, yang ternyata rumah ane lagi di Renovasi alias dibangun!! huaaaaaa…๐Ÿ˜€

(tidur dengan keadaan kamar belum ada pintu cuma Pintu utama aja yang ada!!) hahahaa๐Ÿ˜€

HIKMAH:

  1. Mending naik kereta api (KA Parahyangan). cuma 3 jam, murah, dan ga kena macet.

    —–> baca

  2. Kalo mau naik BUS atau Travel atau kendaraan roda empat, harus bersabar dalam kemacetan yang terjadi. yang makin hari makin parah

  3. Persiapkan makan dan minum secukupnya biar ga kelaperan kaya ane disepanjang perjalanan.

  4. dan masih banyak lagi..๐Ÿ™‚

Cukup sekian cerita ane gan, mudah-mudahan bisa diambil hikmahnya. amin..

Jangan lupa kasih komentar ya.. hatur nuhun…๐Ÿ˜€

Wasalammu’alaykum wr.wb